Kamis, 16 November 2017

Sejarah Penting Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Wisata Yogyakarta

Gunung Kidul miliki banyak wisata air terjun yang unik serta menarik untuk dikunjungi, di antaranya yaitu air terjun Sri Gethuk. Wisata air terjun ini miliki pesona alam yang memukau juga sejarah wisata yang menarik untuk diketahui. Kami akan menuturkan informasi wisata juga sejarah air terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, dalam artikel kesempatan ini.



Air terjun Sri Gethuk miliki pesona keindahan alam yang unik yakni menyerupai dengan pesona alam air terjun Grand Canyon di utara Arizona Amerika Serikat. Area air terjun Sri Gethuk terdapat di desa Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul. Wisata Air terjun ini benar-benar masih baru, akan tetapi cukup digemari banyak orang pada kalangan para pecinta alam.

Pesona alam keindahan air terjun Sri Gethuk yakni bebatuan tersusun dengan rapi juga miliki air sungai yang bening, maka wisatawan mampu nikmati keindahan alam serta berenang bermain air. Uniknya air terjun Sri Gethuk Yogyakarta tidak sempat alami pengurangan debet air sungai, baik ketika musim kemarau terlebih disaat musim hujan.

Indah serta jernihnya air sungai dipunyai air terjun Sri Gethuk, mengalir di antara tebing yang tinggi mampu mengingatkan dengan keindahan ekosistem di Green Canyon di Ciamis Jawa Barat. Jikalau beruntung wisatawan mampu menyaksikan secara langsung keindahan pelangi yang melalui persis di antara di air terjun Sri Gethuk.

Seperti wisata umumnya, wisata air terjun ini juga miliki peristiwa atau mitos yang unik. Sejarah air terjun Sri Gethuk datang dari nama Kethuk, Kethuk menjadi alat instrumen gamelan yang dipunyai oleh jin Anggo Maduro, pada dulu kala sampai sekarang masihlah disimpan di area wisata. Konon warga sekitar kandang mendengar adanya suara gamelan dari arah air terjun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar